Pengertian Softball

Pengertian Softball, Pembahasan Sangat Lengkap!

satriaberbagi - Softball ialah olahraga bola beregu yang terdiri atas 2 kelompok atau regu. Game softball diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago, Amerika Serikat pada tahun 1887. Softball merupakan berolahraga pengembangan dari olah raga sejenis semacam baseball atau hardball. Bola dari game softball mempunyai diameter 28- 30,5 centimeter.

Bola dilempar seseorang pelempar atau diucap pula dengan pitcher. Dan jadi target untuk seseorang pemukul atau better memakai tongkat pemukul atau bat.Didalam game softball sejarah terdapat sesuatu tim yang memukul atau offense dan regu yang berjaga yaitu defense.

Tiap regu berupaya buat mengumpulkan poin supaya menang dalam pertandingan. Yaitu dengan metode memutar 3 seri marka atau base pelari hingga memegang marka akhir yaitu home plate.Game Softball dimainkan oleh tiap kelompok dapat laki - laki maupun perempuan.

Tiap kelompok game softball terdiri atas 9 orang pemain. Lama game dari softball yaitu 7 - 9 babak (inning) yang terdiri dari 1 tim pemukul dan 1 tim penjaga. Satu regu diberikan jadi tim bertahan dan jadi tim penyerang. Game softball mirip dengan game bola kasti atau game baseball.

Metode memainkanya yaitu dengan metode memukul bola memakai perlengkapan pemukul atau yang diucap dengan stik yang dilempar oleh pitcher.Pergantian antar tim bila pihak bertahan sudah sukses cara mematikan pemain, tim penyerang sebanyak 3 orang.

Metode mendapatkan nilai yaitu dengan metode bola pukulannya dari regu sukses kembali mengarah home plate dengan selamat. Hingga pemain atau timnya tersebut hendak memperoleh poin 1.

Pengertian Softball

Softball ialah game bola kecil berkelompok yang dimainkan oleh 2 ti  dan tiap timnya terdiri dari 9 orang pemain yang memiliki metode dasar lempar dan tangkap bola. Memukul dan berlari mengarah ke base supaya memperoleh poin atau nilai supaya memenangkan pertandingan. Bola dalam permainan softball awal dimainkan di Amerika Serikat.

Game softball pula diucap dengan game bola jam. Metode memainkanya yaitu pemukul dengan memakai perlengkapan pemukul atau bat memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher. Pitcher melemparkan bola dengan metode melemparkanya dari teknik dasar dengan peraturan yang berlaku.

Sistem Game Softball

Tiap kelompok mempunyai 9 orang pemain, lamanya game softball yaitu 7 inning, tiap - tiap dari kelompok memperoleh giliran jadi tim bertahan sebanyak 7 kali dan penyerang sebanyak 7 kali. Pergantian tim hendak terjalin bila pihak bertahan telah sukses mematikan pemain - pemain tim penyerang sebanyak 3 orang pemain.

Metode memperoleh poin dalam game softball yaitu dengan metode apabila pemukul baik pemukul sendiri maupun satu regunnya sukses mengarah kembali ke home plate dengan selamat, Kolompok tersebut mendapatkan 1 poin. Kemenangan diperoleh bila salah satu kelompok memperoleh nilai yang lebih banyak dalam 7 inning.Jumlah dari satu kelompok yaitu 9 orang pemain. Tiap orang memiliki tugas masing - masing. Posisi pemain dari softball yaitu:

  1. Penjaga balik atau catcher
  2. Pelempar bola pitcher
  3. Penjaga base I atau first base
  4. Penjaga base II atau second base
  5. Penjaga base III atau third base
  6. Short stop atau yang terletak diantara base I dan II
  7. Penjaga lapangan tenga atau middle felder
  8. Penjaga lapangan kanan atau right felder
  9. Penjaga lapangan kiri atau left felder

Perlengkapan Game Softball

Perlengkapan yang digunakan buat berolahraga softball yaitu terdiri dari pemukul, bola, sarung tangan dan tempat hinggap atau bases.

Bats Atau Perlengkapan Pemukul

Pemukul Softball yang dibuat dari bahan alumunium berupa bundar dengan bagian pegangan yang lebih kecil. Diameter: 2¼ inchi, Panjang: 34 inchi atau 86,4 sentimeter, Bahan kayu: atau logam, Safety grip: 15 inchi (karet).

Ball (Bola)

Berat: 6 hingga 7 ons, Keliling: 11 7/8 hingga dengan 12 1/8 inchi.

Gloves (Sarung Tangan)

Sarung tangan atau gloves mempunyai dimensi yang besar dan sarung tangan tersebut dibuat dari bahan kulit. Pada bagian antara jari telunjuk dengan bunda jari ada anyaman buat menahan bola biar tidak terlepas dari tangan. Gloves: buat seluruh tipe pemain.Mits: Tipe mits cuma dipakai oleh first basemant dan catcher.

Body Protector Dan Helmet

Buat melindungi kepala memakai helm, dan buat melindungi bagian badan memakai body protector. Body protector umumnya cuma digunakan oleh catcher atau penangkap bola.Bases(Tempat hinggap).

Home Plate

Wujudnya pipih, Terbuat dari karet atau kayu., Rupanya umumnya putih.

Base I, II, III

Wujudnya segi 4, Dibuat dari keset atau karung gula.

Pitcher plate

Wujudnya pipih, Terbuat dari kanvas.

Dimensi Lapangan Softball

Lapangan softball mempunyai wujud bujur sangkar, yaitu dimensi lapangan softball merupakan semacam diatas. Jarak lempar ke home base: 13,07 meter, Panjang tiap sisi: 16,76 meter, Pitcher plate (dimensi tempat pelempar) 60x15cm.

Metode Dasar Game Softball

Metode dasar dari game softbal semacam menangkap, melontarkan dan memukul bola.

Cara Memegang Bola Softball

Metode memegang bola softball itu bergantung dari besar atau kecilnya dimensi tangan yang hendak melontarkan bola. Bila dimensi tanganya kecil hingga dengan metode jari - jari yang pendek umumnya bola dipegang memakai 3 hingga 4 jari.

Dan jari yang digunakan buat memegang bola wajib renggang. Dan bila dimensi tanganya besar hingga bola dapat dilempar dengan metode 2 jari.

Metode Dasar Pukulan Swing

Memukul bola dengan metode pukulan swing secara berpasangan. Triknya yaitu:

  1. Tongkat pemukul dipegang dengan erat dengan kedua tangan.
  2. Posisikan tangan yang memegang kayu pemukul bat dibelakang bahu.
  3. Dikala bola telah dilambungkan oleh pelempar atau pitcher ayunkan bat sampai menimpa bola

Pukulan Tumbuk Atau Bunt

Memukul dengan pukulan tumbuk atau bunt secara berpasangan, triknya yaitu:

  1. Tongkat pemukul dipegang dengan erat dengan kedua tangan.
  2. Posisikan tangan yang memegang pemukul dibelakang bahu.
  3. Dikala bola dilemparkan langkahkan kaki bagian balik ke depan sehinnga seluruh tubuh menghadap ke depan.
  4. Kedua tangan memegang bat dengan posisi berjarak secara horizontal didepan tubuh bertepatan dengan bola menimpa bat.

Perilaku Metode Memukul

Perilaku Awal

Berdiri ditempat pemukul dalam posisi dan kondisi rileks. Posisi kaki direnggangkan semacam selebar bahu biar gampang buat bergerak memukul bola dengan kaki sedikit diputar ke arah pelambung, posisi tubuh sedikit condong ke balik dengan berat tubuh pada kedua kaki.

Posisi dini buat melaksanakan metode pukulan pemain wajib terletak dibatter box, konsentrasi pada arah bola yang dilambungkan dan pegangan stick pula wajib benar.

Gerakan

Stick pemukul dipegang dengan erat oleh kedua tangan. Bahu depan dan balik sejajar dan pemikiran ke arah pelambung.Sehabis bola dilemparkan tangan diayunkan dan waktu yang pas cocok dengan datangnya bola. Dikala kayu pemukul menimpa bola. Lecutkanlah pergelangan tangan hingga kayu pemukul menimpa dengan bola.

Perilaku Akhir

Sehabis memukul tubuh melaksanakan gerakan berikutnya ke arah dengan jalanya bola. Diiringi dengan gerakan memutar kaki balik dan tungkak dinaikan dan pula memindahkan berat tubuh ke depan.

Metode Melontarkan Bola

Teknik melempar bola softball terdapat 3 metode yaitu melontarkan dasar, melontarkan samping dan melontarkan atas.

Metode Pemain Pitcher (Pelempar Bola)

Melontarkan dengan ayunan ke atas.Metode melaksanakan ayunan ke atas yaitu:

  1. Berdiri dengan kaki kiri didepan menuju pada target dan kaki bagian kanan ke balik. Arah pemikiran ke arah target.
  2. Tubuh bertumpu pada kaki balik (kaki kanan)
  3. Tangan kanan yang memegang bola ke balik. Kaki balik ditekuk sedikit, sebaliknya kaki yang didepan lurus dan tubuh condong ke balik.
  4. Ayunkan lengan ke depan diiringi dengan gerak memutar pinggang dan memindahkan berat tubuh ke depan.
  5. Dikala pelepasan bola diiringi dengan lecutan pergelangan tangan buat menaikkan dan mengendalikan kecepatan laju bola.
  6. Lemparan diakhiri dengan gerakan berikutnya yaitu memindahkan kaki balik ke depan supaya melindungi penyeimbang dan posisi siap buat melindungi.
  7. Dengan gerakan lengan seolah- olah menjajaki gerak jalanya bola, pemikiran menjajaki arah bola.

Melontarkan Dengan Ayunan Samping

Metode melaksanakan ayunan ke samping yaitu:

  1. Berdiri dengan kaki didepan terencana pada target dan kaki kanan di balik.
  2. Kaki yang terletak dibelakang sedikit ditekukdan kaki yang didepan lurus.
  3. Tangan yang memegang bola mengambil posisi ke balik dan pula memindahkan berat tubuh ke kaki yang terdapat dibelakang dan pemikiran di arahkan ke target.
  4. Kemudian ayunkan tangan ke depan dari arah samping dan pula gerakan memutar pinggang dan segala berat tubuh dipindah ke depan.
  5. Dikala membebaskan bola yang dilempar diiringi pula dengan lecutan pergelangan tangan yang bermanfaat buat mengendalikan dan menaikkan kecepatan bola.
  6. Sehabis bola terlepas dari tangan kaki melangkah ke depan, kemudian pemikiran konsentrasi ke arah gerak bola.

Melontarkan Bola Dengan Ayunan Ke Bawah

Metode melaksanakan ayunan ke dasar yaitu:

  1. Berdiri dengan kaki kanan dibelakang dan dengan posisi sedikit rendah dan yang kiri lurus dengan arah target.
  2. Berat tubuh bertumpu dikaki kanan atau kaki yang dibelakang.
  3. Tangan mengambil posisi kebelakang dan pula memindahkan berat tubuh pada kaki balik pemikiran ke arah target.
  4. Ayunkan lengan yang memegang bola ke depan dengan kedua lutut direndahkan dan pula buat memindahkan berat tubuh ke depan.
  5. Kemudian lepaskan bola dengan menggelinding atau mendatar ditanah.
  6. Dikala membebaskan bola yang dilempar diiringi pula dengan lecutan tangan supaya dapat mengendalikan dan menaikkan kecepatan bola.
  7. Dikala bola telah terlepas dilanjutkan dengan gerakan kaki kanan atau kaki yang dibelakang ke depan dan pemikiran konsentrasi ke arah gerakan bola.

Menangkap Bola

Dalam teknik dasar menangkap bola softball terdapat 3 metode yaitu:

  1. Metode menangkap bola lambung atau catch fly ball
  2. Metode menangkap bola menggelinding ground ball

Catcher ialah pemain yang terletak dalam posisi balik home plate. Catcher bertugas buat menangkap bola yang dilempar oleh pitcher ke arah pemukul.Bila bola tidak dipukul atau kandas dipukul yang diucap dengan foul strike. Bola semacam itu hingga harus buat dipahami baik secara langsung maupun tidak.

Paling utama bila terdapat lawan pelari - pelari dibase. Perihal tersebut buat menghindari pelari tersebut dapat maju ke base berikutnya dengan gampang.Didalam gerakan menangkap bola dapat dicoba dengan kedua tangan dan pula satu tangan.

Di dikala menangkap bola pula wajib memeperhatikan arah datangnya bola sedangkan tangan menangkapnya. Dan berikut sebagian metode dalam menangkap bola. Bola sejajar dengan dada ditangkap metode gerakan horizontal yaitu kedua tangan lurus ke atas dan pemikiran konsentrasi pada datanganya arah bola.

Bola yang melambung ditangkap dengan metode kedua tangan menghadap ke atas dan tangan yang terletak di atas dahi pemikiran konsentrasi pada datangnya arah bola. Bola yang arahnya setinggi dada ditangkap dengan metode posisi berdiri ngangkang kemudian tangan diluruskan setinggi bahu.

Kemudian kedua telapak tangan dibuka semacam melekat pemikiran konsentrasi pada datangnya arah bola. Menangkap bola yang mendatar atau menyusur di tanah terdapat sebagian dalam menangkapnya Perilaku berlutut dan kedua tangan diletakan pada depan lutut.

Perilaku berdiri yaitu dengan metode tubuh di bungkukkan, kaki dirapatkan, dan kedua tangan terletak dalam posisi depan kedua kaki. Perilaku berdiri pada salah satu lutut yaitu dengan metode salah satu lutut terletak didepan dan kedua tangan diletakan diantara kedua kaki.

Kesimpulan

Sekian uraian lengkap dari pengertian softball yang dapat dijadikan rujukan supaya jadi pemain yang handal, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama